Tuesday, 19 March 2013

* Unique Tips - Part 2 * - Mengapa "BRAND AWARENESS" ?

Apa kabar teman? Pasti baik ya? :D

Nah sekarang kita akan membahas mengenai apa itu “Brand Awareness”. Mungkin beberapa dari kita tidak asing dengan istilah itu. Pengertian dari Brand Awareness itu sendiri adalah  kemampuan dari seseorang yang merupakan calon pembeli (potential buyer) untuk mengenali (recognize) atau menyebutkan kembali (recall) suatu merek yang merupakan bagian dari suatu kategori produk (Aaker, 1991: 61).
Ada beberapa tips nih untuk meningkatkan Brand Awareness suatu produk:

*Pilihlah nama brand yang mudah untuk diingat dan lebih baik untuk tidak lebih dari dua kata (so pasti yang unik!)
*Tampilkan pesan yang membedakan dengan produk-produk kompetitor lainnya.
*Bentuk dan gunakan slogan yang ‘ear-catching’ dan mudah diingat saat didengar, seperti contohnya Chitato “Live is never flat”, McDonald “I’m lovin’ it” atau slogan “Chibi-Chibi Hak..Hak..Hak.. Istimewa” (eh itu kan Cherrybelle?). Jadi saat kita mendengar slogan-slogan tersebut kita sudah tau itu slogan dari produk apa saja.
*Gunakan logo atau simbol yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan, seperti huruf M pada McDonald.
*Tampilkan berulang kali supaya produk semakin dikenal dan diingat.


Beberapa tingkatan dalam Brand Awareness, antara lain :

1. Unware of a Brand; keadaan dimana tidak mengenal atau menyadari brand tersebut. (Merk apaan tuh? Kok ngga pernah denger ya?)
2. Brand Recognition; merk yang kita sebenarnya sudah kenal atau kita baru ingat setelah ada orang lain menyebutkan.
3. Brand Recall; dimana konsumen menyebutkan suatu merk ketika diminta menyebutkan merk pada kategori produk tertentu. Misalnya ketika diminta menyebutkan merk motor yang disebutkan adalah merk Honda.
4. Top of Mind; merk yang disebutkan pertama kali oleh konsumen tanpa ada pengingat apapun atau merk pertama kali yang muncul dibenak kita. Misal seperti Aqua, Pepsodent, dll.

Dengan semakin banyak orang mengenal suatu produk atau semakin baiknya Brand Awareness suatu produk, dapat mempengaruhi permintaan dari konsumen terhadap produk tersebut. Ketika seseorang sudah mengenal dan menyenangi produk anda maka akan muncul “Brand Loyalty” dimana seseorang akan setia dalam penggunaan produk tersebut dan tidak mau menggunakan produk lainnya dalam kategori yang sama. Supaya menjadi Brand Awareness dan Brand Loyalty, produk yang kita tawarkan harus memiliki perbedaan dengan competitor lainnya dan mempunyai banyak nilai tambah serta layanan yang lebih baik dibanding yang lain.

Jadi kesimpulannya, kenapa sih "Brand Awareness" itu harus ada di setiap strategi penjualan ?? Strateginya juga harus unik dan cerdik loh... Unik itu ga selalu harus lucu , tapi buatlah se-wow mungkin. Jangan lupa kualitas donk. Kualitas itu juga bisa jadi keunikan tersendiri suatu brand loh ! So, bagi yang tertarik untuk menjadikan merk dagangnya terkenal dan menjadi top of mind konsumen, ikuti terus tips-tips MUACH !
 

No comments:

Post a Comment