Halo bloggers ! :D
Setelah kita mengetahui
pengertian sederhana dari penjualan dan pemasaran, sekarang kita akan membahas mengenai
teori dan pengertian penjualan lebih dalam nih J
Kita harus tahu betul apa definisi penjualan karena
penjualan adalah faktor yang sangat penting dalam suatu usaha untuk mendapatkan
keuntungan. Hal tersebut menjelaskan
pula bahwa penjualan merupakan aktivitas utama dalam suatu usaha untuk mendapatkan
laba. Kita berjualan namun tidak tahu
pasti apa makna dari berjualan itu sendiri bukankah itu percuma ?
Nah, berikut ini adalah kumpulan definisi penjualan dari
para ahli, cekidot !
Winardi (2000:13) : “Penjualan adalah proses dimana sang penjual memastikan, mengaktivasi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan sang pembeli agar dicapai manfaat, baik bagi sang penjual maupun bagi sang pembeli yang berkelanjutan dan menguntungkan.”
Swastha (2001:9) : “Penjualan adalah ilmu dan seni dipengaruhi pribadi yang dilakukan oleh pihak penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang dan jasa yang ditawarkan. Jadi, dengan adanya penjualan, maka akan tercipta suatu proses perputaran jasa antara pembeli dan penjual itu sendiri.”
Sadeli (2005:5) : “Menjual atau penjualan adalah suatu tindakan untuk menukar barang atau jasa dengan uang, dengan cara mempengaruhi orang lain agar mau memiliki barang yang ditawarkan, sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dan kepuasan."
Henry Simamora (2000:24) dalam buku ‘Akuntansi Basis’-“Pengambilan Keputusan Bisnis” : “Penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa.”
Chairul Marom (2002:28) dalam buku “Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang” : “Penjualan artinya penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang biasanya dilakukan secara teratur.”
Winardi (2000:13) : “Penjualan adalah proses dimana sang penjual memastikan, mengaktivasi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan sang pembeli agar dicapai manfaat, baik bagi sang penjual maupun bagi sang pembeli yang berkelanjutan dan menguntungkan.”
Swastha (2001:9) : “Penjualan adalah ilmu dan seni dipengaruhi pribadi yang dilakukan oleh pihak penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang dan jasa yang ditawarkan. Jadi, dengan adanya penjualan, maka akan tercipta suatu proses perputaran jasa antara pembeli dan penjual itu sendiri.”
Sadeli (2005:5) : “Menjual atau penjualan adalah suatu tindakan untuk menukar barang atau jasa dengan uang, dengan cara mempengaruhi orang lain agar mau memiliki barang yang ditawarkan, sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dan kepuasan."
Henry Simamora (2000:24) dalam buku ‘Akuntansi Basis’-“Pengambilan Keputusan Bisnis” : “Penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa.”
Chairul Marom (2002:28) dalam buku “Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang” : “Penjualan artinya penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang biasanya dilakukan secara teratur.”
Basu Swastha DH (1998: 8) : “Menjual adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkannya.”
Kotler (2006:457) : “Penjualan merupakan sebuah proses dimana kebutuhan pembeli dan kebutuhan penjual dipenuhi melalui antar pertukaran informasi dan kepentingan.”
Sebenarnya masih ada banyak
lagi definisi-definisi mengenai penjualan, namun definisi yang dikemukakan oleh
para ahli ini sudah mewakili, sehingga kesimpulannya ; penjualan adalah usaha pokok perusahaan untuk menukar barang atau jasa dengan
uang melalui cara mempengaruhi atau mengajak pembeli agar mau memiliki produk yang
ditawarkan suatu perusahaan dengan tujuan saling menguntungkan antara kedua
belah pihak.
No comments:
Post a Comment