Jika sebelumnya telah dijelaskan mengenai
apa pentingnya USP (unique selling point), sekarang akan kami jabarkan bagian
penting lainnya dari USP yang tak lain adalah diferensiasi produk. Telah
disebutkan pula bahwa diferensiasi perlu dilakukan untuk menjadi pembeda dari
produk pesaing.
Langsung saja kita melihat contoh dibawah
ini, cekidot..^^
"Cirque Du Soleil"
Cuplikan video diatas mempersembahkan sirkus yang
berasal dari Canada bernama Cirque du Soleil (Circus of the Sun). Tau ga apa yang membedakan
sirkus ini dengan sirkus yang lain? Apa yang menjadi nilai jual produk ini
daripada produk sirkus pada umumnya?
Yang dijual oleh sirkus ini adalah
diferensiasi. Jika pada umumnya yang kita ketahui adalah Sirkus memiliki
seorang star performer, dan mungkin melakukan atraksi berbahaya maupun
menggunakan property terutama hewan seperti gajah, macan, dll namun yang dijual oleh
Cirque du Soleil berbeda. Perbedaannya ialah Cirque de Soleil tidak memiliki Star performer
yang terkenal serta Cirque du Soleil juga mengeliminasikan konsep animal shows. Selain itu mereka juga mengurangi adegan menegangkan dan membahayakan. Nilai jual sirkus
ini ada pada idenya yang menggabungkan konsep sirkus dan konsep opera. Sirkus ini lebih
menonjolkan tentang tema pertunjukan, suasana pertunjukan, lagu dan tarian
artistic serta konsep single show arena (hanya ada 1 panggung)
Sirkus ini hanya diadakan sekali setiap
tahun dan biasanya diadakan di Negara yang berbeda-beda.Hebatnya tiket pertunjukan
sirkus ini dapat habis terjual 2 bulan sebelum pertunjukan tersebut diadakan.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan betapa
pentingnya USP tersebut terutama dalam hal diferensiasi produk.
No comments:
Post a Comment