Saturday, 23 March 2013

"Cirque Du Soleil"


Jika sebelumnya telah dijelaskan mengenai apa pentingnya USP (unique selling point), sekarang akan kami jabarkan bagian penting lainnya dari USP yang tak lain adalah diferensiasi produk. Telah disebutkan pula bahwa diferensiasi perlu dilakukan untuk menjadi pembeda dari produk pesaing.
Langsung saja kita melihat contoh dibawah ini, cekidot..^^

"Cirque Du Soleil"


Cuplikan video diatas mempersembahkan sirkus yang berasal dari Canada bernama Cirque du Soleil (Circus of the Sun). Tau ga apa yang membedakan sirkus ini dengan sirkus yang lain? Apa yang menjadi nilai jual produk ini daripada produk sirkus pada umumnya?

Yang dijual oleh sirkus ini adalah diferensiasi. Jika pada umumnya yang kita ketahui adalah Sirkus memiliki seorang star performer, dan mungkin melakukan atraksi berbahaya maupun menggunakan property terutama hewan seperti gajah, macan, dll namun yang dijual oleh Cirque du Soleil berbeda. Perbedaannya ialah Cirque de Soleil tidak memiliki Star performer yang terkenal serta Cirque du Soleil juga mengeliminasikan konsep animal shows. Selain itu mereka juga mengurangi adegan menegangkan dan membahayakan. Nilai jual sirkus ini ada pada idenya yang menggabungkan konsep sirkus dan konsep opera. Sirkus ini lebih menonjolkan tentang tema pertunjukan, suasana pertunjukan, lagu dan tarian artistic serta konsep single show arena (hanya ada 1 panggung)
Sirkus ini hanya diadakan sekali setiap tahun dan biasanya diadakan di Negara yang berbeda-beda.Hebatnya tiket pertunjukan sirkus ini dapat habis terjual 2 bulan sebelum pertunjukan tersebut diadakan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan betapa pentingnya USP tersebut terutama dalam hal diferensiasi produk. 

No comments:

Post a Comment