USP Anda dapat menjadi alat efektif yang membantu Anda fokus pada tujuan pemasaran Anda, dan memastikan bahwa setiap bagian dari jaminan pemasaran yang Anda buat berhasil membedakan Anda dalam persaingan. USP Anda juga dapat menjadi bagian penting dari branding yang membuat usaha Anda mengesankan.
Contoh empat langkah ini akan membantu Anda menulis sebuah dalil penjualan yang unik bagi perusahaan, produk atau layanan baru Anda.
Langkah 1: Kembali ke Dasar
Langkah pertama menulis USP menuntut bahwa Anda mengambil langkah mundur dan meninjau beberapa dasar yang dimuat dalam pernyataan misi, rencana usaha, analisis pasar, dan tujuan usaha secara keseluruhan.
Mulailah dengan menjawab beberapa pertanyaan awal yang merangkum: Usaha Anda sedang menjual apa, kepada siapa Anda menjualnya dan mengapa Anda menjualnya.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang menjual kotak pindahan rumah dapat mengumpulkan dan menjawab pertanyaan seperti ini:
- Apa produk atau jasa yang Anda jual?
Kotak-kotak dan persediaan untuk pindahan. - Siapa target Anda?
Pemilik rumah setempat yang sedang pindah, dan tidak memiliki banyak waktu untuk mencari kotak-kotak untuk mengepak. - Apa usaha Anda melakukannya dengan baik?
Kami menyediakan secara cepat, layanan yang tanggap sambil membuat proses pembelian yang mudah bagi pelanggan kami. - Apa tujuan paling penting usaha Anda yang fokus pada pelanggan?
Membantu pelanggan kami mendapatkan persediaan pindahan yang mereka butuhkan secara cepat, mudah dan terjangkau.
Langkah selanjutnya adalah secara jelas mengidentifikasi masalah pelanggan Anda dan menjelaskan bagaimana produk atau jasa Anda memecahkan masalah itu.
Perusahaan kami yang menjual kotak pindahan mungkin mengidentifikasi masalah pelanggan potensial seperti misalnya tidak dapat dengan mudah menemukan wadah yang tepat ketika mereka mengepak barang-barang mereka dan bersiap-siap untuk pindah.
Langkah 3: Mengidentifikasi Perbedaan
Langkah ini fokus pada membuat identifikasi tentang apa solusi Anda untuk masalah pelanggan Anda yang berbeda, atau lebih baik dari solusi yang ditawarkan pesaing Anda. Nilai yang Anda identifikasi di sini akan menjadi salah satu alasan utama mengapa pelanggan Anda akan memilih Anda, bukan pesaing Anda.
Perbedaan potensial perusahaan penyedia pindahan mungkin bahwa mereka menawarkan kotak-kotak yang lebih kokoh, kotak yang sedikit mahal, pemecahan pengemasan yang lengkap, pengiriman pada hari yang sama, atau layanan pelanggan yang sangat istimewa.
Langkah 4: Membuat Janji
Langkah-langkah ini menggabungkan unsur paling penting dari langkah sebelumnya ke dalam sebuah pernyataan singkat yang memadukan nilai perusahaan yang harus Anda tawarkan. Perlu diingat bahwa USP Anda secara mendasar menyimpan janji, atau kesanggupan yang sedang Anda buat untuk pelanggan Anda.
Anda mungkin ingin meninjau ulang beberapa contoh dalil menjual yang unik untuk merasakan bagaimana perusahaan-perusahaan itu sukses mewujudkan nilai yang mereka tawarkan kepada pelanggan mereka.
Perusahaan pemasok pindahan misalnya, dapat membuat USP yang mengatakan secara sederhana, "Kotak kokoh dalam 24 Jam," yang ditujukan kepada pelanggan mereka yang kerepotan bersiap-siap untuk pindah, dan terburu-buru membutuhkan kotak yang tidak akan hancur.
Setelah Anda memiliki USP yang bekerja, USP itu selalu menjadi ide yang baik untuk dijaga, lakukan melalui orang lain di perusahaan Anda, bahkan menciptakan kelompok fokus untuk mengukur dampaknya. Mungkin diperlukan beberapa percobaan, tapi begitu anda mengolah USP menjadi sempurna, USP itu dapat menjadi bagian yang utuh dari peralatan pemasaran Anda.
No comments:
Post a Comment