
HALLYU( korean fever) telah menghipnotis seluruh asia dan dunia dengan budayanya,
seperti boyband, girlband, drama korea,trend pakaian, gaya rambut, gaya
make up,dan lain lain. Korean fever ini didalangi oleh korea selatan,
kegemaran akan budaya pop korea ini dimulai tahun 1990 di Republik Rakyat Cina dan Asia
Tenggara. Serial drama tv korea mulai diputar di Cina dan menyebar ke negara-negara
lain seperti Hongkong, Vietnam , Thailand, Indonesia, Filipina,
Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latin danTimur Tengah.Pada saat ini, Hallyu diikuti dengan banyaknya perhatian akan produk korea selatan,
seperti masakan, barang elektronik, music dan film.Fenomena ini turut mempromosikan Bahasa Korea
dan budaya Korea ke berbagai negara. Pemerintahan Korea sendiri sangat mendukung dan memiliki peran dalam mewabahnya hallyu. Dukungan tersebut diwujudkan dengan menghindarkan diri dari gempuran industry entertainment dari barat. Hal
inimenjadikan orang korea sendirilah yang harus menciptakan produk-produk media
massanya sendiri. Selain itu dukungan dari pemerintah juga diwujudkan melalui berbagai event
seni seperti festival-festival film dan music bertaraf Internasional hingga dapat disimpulkan bahwa ;
Social trend : korean fever ini sangat digemari dikalangan remaja dan anak-anak, tetapi jarang terlihat orang
dewasa dan sebagian pekerja menyukai produk korea ini karena mereka anggap "alay". Korean fever sangat mempengaruhi gaya hidup para penggemarnya dimana seluruh kehidupannya akan dihubungkan dengan produk korea.
Generation
cohorts : generasi yang paling terlihat ialah generasi Y ( kelompok masyarakat
yang lahir antara 1995-20..) karena model yang digunakan korea untuk budayanya sering kali merupakan generasi Y , maka yang mencontoh juga generasi Y pula.
No comments:
Post a Comment